Belajar Memaafkan : Catatan malam ini

forgiveKepada malam, bintang gemintang, kesunyian dan kedamaiannya.

Disaat kekecewaan datang menghampiri, terkadang akal ini tak dapat membedakan mana yang harus ditinggalkan dan mana yang harus dipertahankan. Contoh paling sederhana adalah membenci dan memaafkan. Disaat emosi, selalu hati ini mendominasi benci-benci-benci, dan kesal-kesal-kesal, namun setelah beberapa hari, semua itu hilang dang hanya berbekas penyesalan, lebih parahnya lagi, gengsi atau malu untuk mengakui dan memperbaiki kesalahan! Subhanallah!

Semua itu yang menyebabkan miss-understanding dan miss-komunikasi dan pada akhirnya hanya memperburuk keadaan. Disaat emosi meledak-ledak memang kata “memaafkan” terasa sangat menjijikan, tak bermartabat, dan berkesan tak memiliki harga diri, akan tetapi saat emosi kita mereda dan kita fikirkan kembali, “memaafkan” akan masuk daftar penyelesaian masalah.

Kita perlu belajar memaafkan, sangat perlu malah. Sherina cilik bilang : “Setiap manusia di dunia pasti pernah sakit hati, hanya yang berjiwa satria yang mau memaafkan”.

Cobalah untuk berfikir jernih saat emosi, walau tak mudah. Coba kendalikan emosi dengan mengingat-Nya : beristighfar. Dalam hadits atau pepatah arab aku lupa, dikatakan : “Barang siapa yang menahan amarahnya, maka Allah akan menahan adzab-Nya baginya”.

Maka, pelajaran yang dapat ku ambil hari ini adalah belajar memaafkan, berlapang dada, dan berpikir positif dalam menghadapi berbagai persoalan, karena terkadang suatu permasalahan membuat seseorang lebih kuat dan lebih cekatan, itu nilai positifnya :).

Kepadamu kesunyian malam, kutitipkan perasaanku padamu sebelum aku tidur, jaga mereka agar tetap melekat dalam ingatan, dan dalam hati.

Minggu, 26 Januari 2014 : 23.37 WIB

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s