Salam Ukhuwwah Ya Ikhwani

IMG_1497Entah apa yang harus kukatakan, semua tak dapat diungkapkan dengan kata-kata, hanya mampu mengucap Alhamdulillah, puji syukur atas karunia-Nya yang sangat melimpah. Teman, kata orang lebih mudah mencari lawan daripada mendapat kawan, benarkah begitu? Teman, tahukah engkau, rasa takut yang menghantui ini bukan karena takut kehilangan berbagai tunjangan, atau apa, yang kutakuti hanya : kehilangan kebersamaan yang telah kita bangun beberapa bulan terakhir ini, kebersamaan yang begitu berarti buatku, karena aku tak memiliki banyak teman. Benar, aku tak memiliki banyak teman, tapi yang pasti percayalah, aku akan menjaga setiap teman yang aku punya, buatku jumlah tak berarti, yang berarti adalah rasa saling mengerti dan memahami, walau sedikit.  Jujur, aku jarang menghabiskan waktu bersama orang-orang yang kurang berarti buatku, tapi untuk mereka yang berarti, hujan badai, pegunungan, aku sanggup melewati hanya untuk sekedar berkumpul, bercerita, saling mendengarkan. Tahukah kawan, disaat kau jatuh cinta pada seseorang yang bahkan warna matanya saja engkau tak tau, yang hanya dapat kau lihat punggungnya, yang hanya bisa kau kagumi dari jauh, jauh lebih baik rasanya untuk tidak mengenal apapun darinya daripada telah mengetahui bahkan tiap senti dari dirinya lalu ia berkata tidak, ah apalah itu lupakan.

Terimakasih teman, walau diri ini seringkali merasakan kehampaan, kesunyian, kejenuhan yang tak pernah bosan menghampiri, kalian mampu menepis semua itu, ketakutan ketakutan itu. Aku bodoh ataupun apa, whatever, sepertinya orientasi studi sudah sedikit menyimpang, bukan lagi belajar bersama, tapi yang penting bersama, entah belajar atau tidak, ajaib ya.

Teman, kita saudara, seagama, setanah air, satu nusa satu bangsa, mau dikatakan apapun aku tak peduli, tapi aku sayang kalian. Semua yang berarti, semoga tak akan pernah pergi. Semua orang di kehidupan kita boleh datang dan pergi begitu saja, tapi kawan sejati akan selalu di hati. Salam ukhuwah ya ikhwani, najhadu fi sabilillah fi iqomati si’ari dinih, semoga Allah selalu melindungi kita, amen.

In memoriam, Drini Beach, 27th of December 2014

Leave a Reply

