Tentang Not Balok dan Antek-Anteknya

Oke, setelah di postingan sebelumnya gue udah bahas sedikit mengenai scale, sekarang kita maju ke babak selanjutnya, notasi balok. Soal seberapa penting belajar not balok, menurut gue, gue kasih nilai 7 dari skala 10. Why? Gue pernah kasih alesan di postingan gue Tips Belajar Musik for Beginners,  jadi ngga usah gue bahas lagi disini.

Agar bisa lancar kemudian dalam membaca not balok, menurut gue ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi yang baru mulai belajar baca not balok. Pertama komponen notasi balok itu sendiri, kedua time signature (sebenernya ini juga masuk komponen), ketiga adalah timing dalam memainkannya (gue bingung harus gimana bilangnya).

Seperti pepatah bilang “tak kenal maka tak gendong”, sebelum belajar not balok, kita perlu taarufan dulu sama komponen komponen yang ada di dalamnya. Well, komponen komponen yang ada di not balok sendiri terdiri dari garis paranada, notasi, kunci, birama, dan time signature.

  1. Garis Paranada

para.png

Garis paranada adalah serangkaian garis dimana notasi notasi balok nantinya akan diletakkan. Notasi balok diletakkan bisa tepat pada garis tersebut, atau pada ruang diantara garis tersebut (ditengah-tengah dua garis). Garis paranada yang dipakai buat nulis notasi itu sendiri ada 5 garis, yang berarti ada 4 ruang diantaranya. Kalau ada nada yang lebih tinggi atau lebih rendah dari garis paranada yang defaultnya, maka dibuatlah garis bantu. Tinggi rendahnya suatu nada dilihat dari letaknya di garis paranada, semakin tinggi (atas) letak suatu titik nada, maka nadanya semakin tinggi dan sebaliknya.

  1. Notasi

Notasi itu sendiri adalah bagaimana nantinya musik itu akan dimainkan. Notasi bisa berupa titik nada, bisa berupa tanda istirahat, atau simbol lainnya. Untuk titik nada dan tanda istirahat, masing masing punya waktu nya, seberapa lama dia dimainkan, disini kita pakainya ketukan. Nah ini yang gue maksud dengan timing dalam memainkannya, karena teori aja nggak cukup. Meskipun lo tau not ½ itu dimainkan dalam 2 ketuk, not ¼ itu 1 ketuk not 1/8 itu ½ ketuk, tapi lo ngga pernah praktek, bahkan pas ngedenger bunyinya aja lo pangling “itu not berapa sih”, it’s a problem, itulah kenapa menurut geu timing dalam memainkannya (yang gue bingung bilangnya apa) penting banget, so pertajam kuping dan nalar kalian.

NAD

  1. Kunci (Cleff)

Disetiap awal paranada selalu ditulis kunci. Kunci yang umum digunakan biasanya kunci G dan F (disini kunci G dan F TIDAK SAMA DENGAN do=G atau do=F, camkan itu). Kunci ini fungsinya buat menandakan letak not not yang dimankan. Agak ribet sih jelasinnya, jadi gue kasih contoh aja. Misal di awal suatu paranada ditulis Kunci G, maka not G pada garis paranada tersebut terletak di ‘perut’ tanda kunci itu. Dalam kunci G, perut si Kunci itu ada di garis paranada kedua (dari bawah) yang menandakan disitulah letak nada G. Beda halnya dengan kunci F, perut si kunci F itu ada di garis paranada keempat (dari bawah), maka letak nada F pas/sejajar dengan letak perut si kunci itu.

GIni Kunci G

FIni Kunci F

  1. Birama

Birama sendiri adalah segmen segmen yang memisahkan notasi notasi sesuai dengan time signature nya.

bira

  1. Tiime signature

Time signature sendiri adalah penanda ketukan dalam setiap birama, singkatnya begitu.

Timesig.jpg

Oke, cukup sekian postingan tentang not balok dan antek-anteknya. Seperti biasa gue mencoba untuk selalu menghadirkan yang beda buat kalian. Thanks for reading.

Tentang Major Scale dan Formulanya

Hello readers! Seperti yang gue pernah bilang di postingan sebelumnya, kali ini gue bakal sedikit ngebahas tentang teori musik. Well, sebenernya gue nggak expert expert banget dalam hal teori musik ini, jadi anggaplah kita lagi sama sama lagi belajar, dan disini gue coba untuk berbagi, so, CMIIW.

 Oke, kali gue mau ngebahas tentang scale terlebih dahulu. Sebelum gue bahas lebih jauh soal scale atau tangga nada, gue bakal jelasin singkat dulu apa itu tangga nada atau scale. Tangga nada atau scale adalah sekumpulan not musik yang diatur sedemikian rupa sehingga memiliki karakteristik tertentu. Pada umumnya, scale yang sering dijumpai adalah scale mayor dan minor. Aturan baku yang mengatur not not ini disebut interval. Dalam scale sendiri, ada 8 not yang orang biasa sebut do re mi fa sol la si do (do masuk oktaf berikutnya).

Kali ini, gue bahas dulu yang bagian major scale. Kenapa major scale? Karena major scale lah yang paling umum digunakan dalam berbagai komposisi musik. Major scale sendiri memiliki rumus interval : 1 – 1  – ½  – 1 – 1 – 1 – ½ . Maksud dari angka angka itu adalah jarak antar nada-nada penyusun major scale. Oke, sekarang gue ambil contoh scale C major. Sebelumnya yang perlu kalian tau, “Do” yang sering kalian sebut, itu adalah C. Do re mi fa sol la si do, kalau dibahasa musikkan jadi C D E F G A B C. Masing masing dari not not itu punya jarak sesuai sama rumus major scale diatas. Jarak C ke D adalah 1, D ke E jaraknya 1, E ke F jaraknya ½ , dst. Penasaran kenapa E ke F dan B ke C Cuma berjarak ½ nada? Oke, biar gampangnya kita lihat gambar tuts tuts piano ini.

keyb

Take a look at the keyboards, semua tuts putih punya tuts hitam yang nyempil diantara keduanya, kecuali di antara E&F, dan diantara B&C. So, setiap jarak tuts ke tuts berikutnya adalah ½ nada (berarti tuts putih ke hitam jaraknya ½ nada, putih ke putih jadi 1 nada kecuali E ke F dan B ke C) . Nah, karna hampir di antara setiap dua tuts putih ada nyempil tuts hitam (kecuali antara E&F dan B&C), maka jarak tuts putih ke putih adalah 1, jarak dari tuts putih ke hitam adalah ½ . gitu. Muter muter? Emang, initinya paham kan? Oke.

Setiap nada diatas punya tuts hitam kecuali E dan B, disini sebut aja dulu kres (#), jadi, keseluruhan nada yang ada adalah : C-C#-D-D#-E-F-F#-G-G#-A-A#-B-C. Jarak C ke C# = ½, C# ke D = ½ , D ke D# = ½. Dan seterusnya. Mengikuti formula interval nada scale major, maka untuk skala C mayor dengan rumus 1-1-1/2-1-1-1-1/2, didapatkan nada nada pada tangga nada C mayor adalah C D E F G A B C. Gimana dengan D mayor? Ya tinggal ikutin rumus diatas, diawali dari D, maka akan menjadi D E F# G A B C# D, gimana untuk E mayor? Sama, dimulai dari E jadi E F# G# A B C# D# E. Untuk F Mayor, G mayor, dan lainnya bisa dicari pakai rumus interval diatas. Untuk memperjelas penjelasan gue, bisa dilihat video dibawah yang gue ambil dari youtube tentang demonstrasi scale scale mayor.

Menurut gue, pengetahuan tentang scale adalah pengetahuan yang paling dasar bagi seseorang yang pingin belajar musik. Kalau scale udah faham, InsyaAllah (God Will) kesananya bakalan gampang, karna ya ini yang paling dasar. Oke, mungkin cukup sekian untuk postingan kali ini, semoga bisa membantu, misalnya disaaat kalian searching tentang teori scale dan hasilnya semua tulisan yang lo baca sama (kopas sana sini diposting ulang), gue coba hadirkan yang berbeda buat lo (asik dah). Thanks for reading, see ya.

Tips Belajar Musik For Beginners

hwt.jpgHello, gue harap kabar kalian very well, so kalian tetep bisa lanjut nguntit blog gue, haha. Oke, rather than ngomongin sesuatu yang konyol (terus), kali ini gue mau share tentang hobby gue (bukan jailin orang atau jalan jalan) tapi hobby gue yang satu lagi, sok cek di gravatar gue (sumpah ini ngerepotin). Main Musik.

Mungkin sebagian dari lo merupakan pecinta musik yang pernah terdetik di pikiran kalian untuk belajar mainin alat musik (atau seenggaknya lebih ngerti musik), tapi ngga ada waktu, tapi ngga ada guru, tapi ngga ada blablabla, dan bingung : ‘gue harus mulai dari mana?’ Disini gue mau berbagi pengalaman gue aja, lebih sekedar cerita sih lebih tepatnya.

musKronologi gue belajar musik adalah ketika beberapa tahun silam gue harus perform buat ujian kesenian. Karena pilihan yang lain lebih ngga exciting, ya gue milihlah buat perform musik. Anyway thanks to my supermom, beliau yang udah ngajarin gue for the first time how to play the keyboard. Pertamakali gue belajar itu lagu potret bunda, sumpah jari gue keriting pas itu, tapi lama kelamaan gue enjoy playing the keyboard, so sampe saat ini, dengan cara otodidak gue mengeksplorasi apa  yang gue rasa itu merupakan passion gue. Disini gue punya beberapa start up tips buat lo lo yang mau belajar musik dan bingung harus bagaimana memulainya, oke, let’s check them out.

  1. Niat nggak Cuma anget anget t*i ayam

kpIni beneran, karena kalo niat lo udah setengah setengah, hasilnya juga bakal setengah setengah, dan ketika lo nemuin kesulitan lo bakal gampang nyerah. So, kuatkan tekad lo, hidup ini keras (loh).

  1. Cintai musik seperti lo mencintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri bukan berarti jones, itu dulu yang harus gue lurusin (baper). Intinya lo merasakan musik itu pakai hati, diresapi, bahkan gue kalo lagi dengerin musik yang gue suka, kadang bisa terhanyut (sumpah ini alay). Sebenernya tanpa lo sadari, musik itu sendiri udah hadir dalam kehidupan sehari hari lo, coba deh nonton film august rush, gue males jelasinnya kepanjangan.

  1. Belajar teori musik

teo.jpgNah, bagian ini menurut beberapa orang nggak penting, tapi guys, menurut gue ini penting banget dan nggak boleh dilewatin kalau nggak mau nyesel kayak gue akhirnya (pada akhirnya gue harus belajar teori). Kenapa harus belajar teori? Alesannya cukup simple, supaya lo nggak jadi robot waktu main musik, yap. Maksudnya jadi robot disini misalkan lo ngiringin suatu lagu, awalnya di tangga nada C mayor, akan tetapi karena suara si penyanyi nggak match di tangga nada itu, maka haruslah lo pindah ke tangga nada yang pas sama suara penyanyi itu. Dalem situasi begini, pengiring yang harus menyesuaikan sama penyanyinya, karna suara manusia udah dari sana settingannya begitu, tapi alat musik itu sendiri hasil buatan manusia dan bisa direkayasa. Itu! Take a note. So, it’s no problemo waktu lo diminta transpose ke tangga nada ini itu. Alesan selanjutnya adalah, ketika lo denger ada lagu keren banget menurut lo, lo mau mainin itu lagu, tapi lo nggak bisa baca not balok, lo Cuma bisa meratapi dan akhirnya mau gak mau lo belajar teori juga.

  1. Teori yang dasar banget : Scale

Ini yang harus lo kuasai (menurut gue) pertama kali, scale disini tangga nada, lo pelajarin pola nya (biar gampang gue bilangnya gitu), tangga nada mayor polanya kayak apa, tangga nada minor kayak apa, ini kayak apa, itu kayak apa, dan lo hafalin semua tangga nada yang ada (kalau bisa) tapi kalau lo tau polanya, sambil praktek pun lo bisa membiasakan diri lo buat mengingat scale scale itu.

  1. Teori selanjutnya : Not Balok

Hey guys, bukan jamannya lagi sekarang lo mainin lagu burung kakatua pake not angka, mulailah move on! Emang baca not balok bagi sebagian orang termasuk momok yang mengerikan dalam belajar musik dan nggak sedikit orang yang give up on it, fortunately gue mampu survive. Dalem not balok sendiri ada not nya itu sendiri (berupa buletan baik itu kosong atau full black), ada timing nya, ada panjang pendeknya, ada tanda istirahatnya, dll. Misalnya gini, half note itu dari namanya not setengah, sedangkan dari durasinya itu sama dengan 2 ketuk. Whole note itu dari namanya not penuh, sedangkan dari durasinya itu sama dengan 4 ketuk. Quarter note itu dari namanya not seperempat, sedangkan dari durasinya sama dengan 1 ketuk. Nah disini, bahasa pemrograman di otak lo jalan, penamaan not sama durasinya harus match, disini matematika lo jalan, that’s why belajar musik bisa meningkatkan intelejensi beberapa tingkat (AFAIK).

  1. Pilih alat musik

insSetelah lo membiasakan diri dan faham teori teori diatas, mulailah lo milih ‘teman hidup’ lo, ex : disini gue milih keyboard. Alesan gue milih keyboard karna piano harganya kemahalan (yaelah), bukan, bukan itu kok alesan utama sebenernya, keyboard itu menurut gue instrumen yang bisa tetep terdenger enak walau tanpa alat musik lain, jadi dia bisa standalone gitu, got it? Nah setelah lo pilih pasangan hidup lo, lo mulailah membiasakan diri, dan terapkan teori teori yang udah lo pelajari itu di instrumen yang lo pilih, disini lo butuh bimbingan orang yang at least udah kenalan sama alat itu, biar posisi awalnya lo tau kayak apa. Kalopun lo tinggal di hutan belantara, lo bisa bawa laptop belajar dari video tutorial yang lo dowload pas lo mampir ke kota, *lah.

Oke, keenam tips itu adalah tips belajar musik basically versi gue, dan mudah mudahan dengan saran gue diatas, jumlah spesies yang menyerah sama belajar musik bisa berkurang bahkan punah. Soal lo bertanya tanya “apa gue bisa? Apa gue berbakat?” itu urusan belakangan guys, yang penting kerja keras, dari kerja keras dan usaha yang maksimal, segala yang nggak mungkin bisa jadi mungkin, bakat yang nggak ada kalau digeluti terus menerus karna tekad yang kuat bisa buat kedudukan lo sejajar sama mereka mereka yang berbakat. So, cheer up  and never give up. Oke maybe that’s all sharingan gue hari ini (bukan sharingan ikan atau sharingan naruto (itu rasengan cuk)), semoga bisa mencerahkan (bukan muka lo), tetep jadi penguntit setia blog gue, bye and see ya.

 

4 Hal yang wajib dilakukan setelah install ulang windows PC

tune-up1Hey oprekers! Salam hangat dari gue, sehangat titik lembek aspal dan ter (lah). Oke kali ini gue mau bahas 4 hal yang perlu kalian lakukan saat habis install ulang, atau upgrade OS PC kalian. Personal computer di era modern ini merupakan sesuatu yang nggak bisa dipisahin dari kegiatan manusia, soalnya banyak pekerjaan manusia yang terbantu karena adanya si komputer ini, misalnya accounting, olah data, ngetik, browsing, dll. Namun yang sering terjadi adalah, si pengguna teledor dalam menggunakan pc nya sehingga terjadi error sana sini, mulai dari hardware, software, dan kemungkinan brainware kalo si operator jadi gila (ini ngga penting sumpah). Nah, khusus disini, error yang terjadi adalah pada bagian software, sehingga si pengguna merasa PC nya melemot (ini bahasa apa ya), file filenya hilang tiba tiba, file file jadi shortcut semua, aplikasi aplikasi aneh tiba tiba muncul di desktop, atau bahkan sampai blue screen. Buat kalian yang mengalami masalah kayak gini dan inisiatif buat install ulang sendiri, yang perlu kalian lakukan Cuma siapin installer windows nya (untuk windows PC, biasanya ini yang sering banget kena serangan fajar, baca: virus), terus install ulang, buat langkah langkah install ulang, nanti insyaAllah gue post di lain kesempatan. Oke, so after reinstalling your PC, is it ready to use immidiately? Unfortunately no, menurut gue. Kenapa? Ya emang kalo habis di install ulang bisa langsung dipake, tapi kemungkinan ada beberapa persoalan minor yang cukup mengganggu buat gue, misalnya ngga PC bisa di sleep, brightness ga berfungsi, audio ga bisa, flashdisk ga kedetek, bluetoooth mati, dan sebagainya. So oprekers, here are 4 things to do after reinstalling your pc, wish these can help you guys, check them out :

1. Install Drivers

DriverPack_Solution_logo.pngBuat kamu para oprekers PC, tau kan apa itu driver?? Buat yang belum tau, persoalan diatas ex:flashdisk ga  kebaca, cardreader mati, bluetooth ilang dsb, kalian jangan panik dulu, kalian bisa mengatasi itu semua dengan menginstall si driver ini. Jadi gini, driver itu ibaratnya supir, dan hardware itu ibaratnya mobil, nah apa bisa mobil (ambil contoh jangan mobil yang ada autopilotnya) jalan sendiri tanpa ada supir? Nah so does hardware! Hardware nggak akan bisa bekerja kalau drivernya nggak terpasang. Sebenernya untuk OS windows, windows udah memfasilitasi install driver otomatis itu, tinggal konekin PC ke internet, terus ditunggu sampai batas waktu yang ngga gue ketahui (tiba tiba keinstall sendiri soalnya), tapi butuh waktu LAMA, nah buat yang bosenan nunggu, kalian bisa dapet driver itu dari CD yang kalian dapet waktu beli PC itu (kalau berupa laptop, kalau PC rakitan kurang tau), atau pake bantuan software yang bisa didownload disini untuk versi online dan disini untuk versi offline. Driver pack solution ini otomatis mendeteksi hardware pc kalian, so kalian ngga perlu cari tau spek hardware pc kalian apa, mudah kan??

2. Install Antivirus

antivirBuat kalian yang ngeluh file hilang tiba tiba, jadi shortcut, banyak aplikasi aneh bermunculan, itu semua kemungkinan karna PC kalian terinfeksi virus. Kalo PC ada yang namanya antivirus. Ini kudu dan wajib diinstall, walaupun sebenernya windows udah sediain antivirus bawaannya berupa windows defender, tapi AFAIK seringkali antivirus bawaan ini melewatkan beberapa virus kecil, so, untuk antisipasi, kalian install antivirus tambahan utk PC kalian. Setelah install antivirus lain, windows defender otomatis disable kok jadi ngga perlu khawatir PC kalian lemot karena ada 2 antivirus dalam satu PC, tapi, sebaiknya jangan menginstall lebih dari 1 antivirus tambahan, karena akan memperlambat kinerja PC kalian. Sejauh ini, gue mempercayakan proteksi PC gue sama AVG antivirus (ini bukan promosi, I swear it), yang bisa kalian download di web resminya disini, atau yang included sama serial numbernya juga ada (cracked) misalnya disini. Biasanya fitur auto update udah otomatis aktif waktu kalian install antivirusnya, so ngga perlu repot update manual, kalaupun belum aktif, bisa kalian aktifkan. Give your PC the highest safety.

3. Install Software Pokok

android-app-on-windowsIni yang menurut gue nggak kalah penting, tujuan kalian punya PC ya disini, yang membantu kinerja kalian semuanya dari sini, software software tambahan (aka. Aplikasi), misalnya MS. Word, Photoshop, Coreldraw, dll. Perlu ditekankan mungkin, untuk menginstall software SEPERLUNYA AJA, nggak perlu instal berbagai macam software yang ujung ujungnya nggak terpakai dan Cuma memberatkan kinerja PC kalian, so, be selective users dear oprekers. Oke disini, beberapa rekomendasi software yang perlu ada di pc kalian.

  1. Office, fungsinya untuk mengerjakan pekerjaan kantoran kaya ngetik, input data, buat design, kirim kirim surel, dll.
  2. Mozilla Firefox, ini pasti nggak asing lagi kan, ya, benar, kecuali kalian betah pakai internet explorer / microsoft edge, hehe.
  3. CCleaner, ini buat menghapus junk file at once, termasuk data data browsing kalian juga cache cache browser, efektif!
  4. Adobe Flash Player, ini biar PC kalian bisa menampilkan objek flash.
  5. Adobe Reader, ini buat buka file pdf, soalnya di windows 10, aplikasi reader dihilangkan dari aplikasi bawaan windows (duh).

Dan bagi kalian pengguna perangkat iOS, bisa juga menginstall iTunes sebagai terminal sync perangkat kalian. Untuk link downloadnya, bisa kalian search di google, bejibun kok, hehe. Untuk software pendukung lain, bisa dikondisikan sesuai kebutuhan.

4. Pastikan semua yang diatas tadi bekerja dengan baik

Maksudnya? Maksudnya gini, update driver berkala, misal 2 bulan sekali dicek updatesnya, update software software secara berkala, update antivirus setiap hari kalo bisa connect internet (soalnya hampir mustahil di 2016 pc ngga pernah connect internet). Dan satu lagi, jangan ngebet install software sana sini kalau belum tau betul seluk belum pensoftware-an (sumpah bahasa ini weird banget) kalo nggak mau PC kalian malah kemasukan malware, spyware dan teman temannya, lebih baik tanya kawan kalian yang lebih ngerti, dan kalau kena virus, jangan panik, gunakan fitur scan antivirus kalian.

So, those all 4 things to do after reinstalling your PC, hope this helpful, dateng lagi, jangan bosen bosen datang ke blog gue ini, and, let’s be friend, add sosmed gue yak, hihi. Ok see ya!

7 Tempat Wisata Terbaik Di Jogja

travellers-have-great-stories-to-tellHello! Kalian para travellers, atau yang lagi liburan ke jogja, yuk mari boleh dibaca nih, 7 tempat yang nggak boleh kalian lewatin gitu aja kalo mampir ke jogja versi gue, soalnya kalo kelewatan, nyesel dunia akherat ntar (sumpah yang ini lebay). Yogyakarta, kota yang selalu jadi inceran para wisatawan lokal maupun mancanegara, selain karena budayanya yang terawat, tempat tempat bersejarah dan alamnya yang super indah juga jadi salah satu daya tarik buat mereka lho. Waktu itu gue nanya ke salah satu bule yang seliweran di malioboro sampe keraton itu, gue tanya mereka ngapain ke indonesia khususnya jogja, agak lama sih jawabnya (soalnya dia lagi makan nasgor disamping gue, ini diabaikan aja gapapa), dia bilang dia lagi ngerjain semacam riset tugas kuliah gitu (kalo gue sih mau banget dikasih tugas research di LN), itu salah satu bukti menurut gue, kenapa Indonesia… ya… bisa dibilang cukup waw sih, that’s why I’m proud of being anak negri ini, haha. Oke balik ke topik, 7 tempat yang nggak boleh lo lewatin kalo mampir ke jogja, check them out :

1. Keraton Yogyakarta

Buat kalian para pecinta sejarah, dan buat kalian yang hobi foto foto (atau gabungan dari keduanya), keraton jogja bakal jadi tempat yang cukup menarik buat kalian kunjungi. Kenapa? Soalnya di keraton jogja ini, kalian bisa lihat dan tau sejarah kesultanan Jogja, mulai dari sultan pertama sampe yang ke berapa sekarang ini gue juga lupa.. itu Satu, buat kalian yang suka sejarah. Dua, disana banyak barang barang antik peninggalan para pendahulu (yang jelas di daerah jogja), disana juga banyak bule mondar mandir, ada yang pake guide ada yang nggak, kalo iseng mau pura pura jadi guide juga boleh kan (eh), so, buat kalian yang hobi foto foto, tempat ini bakal jadi tempat yang cukup menarik buat berfoto ria, foto bareng abdi dalem atau sultan kalo pengen dan kalo bisa (eh). Oh iya guys keraton ini jam buka nya Cuma sampe jam 14.00 WIB, jadi jangan terlalu sore datengnya, ntar tutup malah sedih. Ini dia keraton Yogyakarta!

imageskeraton-yogyakarta

2. Jalan Malioboro

Dear travellers, siapa sih yang nggak tau atau nggak pernah denger nama jalan ini? (kecuali mungkin turis LN sama onta arab yang ga tau). Jalan malioboro nggak boleh kalian lewatin ya kalo mampir ke jogja. Mungkin sebagian dari kalian ada yang masih remang-remang (dikira lampu bohlam) tentang apa yang ada di jalan malioboro ini, atau ngapain ke jalan malioboro nggak ke jalan yang lain aja? Oke, jadi gini, awalnya juga gue nggak terlalu tau juga sama apa yang ada di jalan malioboro, setelah ngrantau kesini aja gue baru tau. Malioboro itu semacem jalan yang penuh penjual souvenir, oleh oleh, batik, dll, kalo di tempat gue di serang banten, itu semacem ‘royal’nya jogja, got it? Got got in ajalah. Pesona jalan malioboro bakal terasa banget kalo udah masuk waktu sore menjelang magrib, kehidupan dimulai, haha. Harga disini juga bersahabat kok guys, jadi tenang, buat kalian yang pengen bawa oleh oleh segunung tanpa modal sekarung, kalian bisa cari oleh oleh disini, satu tips juga : pinter nawar biar makin murah lagi.. happy shopping.

141222_img3462

3. Titik Nol Kilometer

Please jangan bertanya tanya dulu kenapa kita harus nongkrong di jalan raya di titik nol kilometer. Karna ini bukan semacem jalan biasa, tapi semacem ini nih :

nolkilometerjogja

Nah gimana? Asik kan keliatannya (aslinya juga asyik). Oh iya, hal hal semacem ini Cuma bisa didapetin dari sore sampe malem, siang ga ada, jangan dateng siang siang, ntar sedih (lagi).

4. Bukit Bintang

Nah kalo ini, letaknya agak jauh dari kota Jogja, ada di selatan kota jogja, ke arah kabupaten gunung kidul. Buat kalian yang travelling sama pacar, sama gebetan, atau istri/suami, kalian bisa menciptakan momen romantis kalian disini :

tempat-wisata-di-Jogja-bukit-bintang

Keren kan melihat indahnya kota jogja dari sini?? Oh iya kalau mau kesini sebaiknya jangan pas musim penghujan, karna bakal percuma kalo bad weather. Selamat beromantis ria (apasih).

5. Pantai Selatan

Buat pantai selatan ini, gue nggak terlalu maksain yang recommended yang mana sih, yang pasti semuanya menurut gue indah, beberapa pernah gue kunjungi. Ada beberapa pantai disana, misalnya pantai Drini, Parangtritis, Depok, Indrayanti, Baron, dkk, semua indah buat dikunjungi. Tapi jangan nekat ke tengah tengah ya guys, tau sendiri kan ombak pantai selatan kayak apa, kalo hanyut kebawa ombak gimana, mending kalo diadopsi ratu kidul (loh). Oh iya, camping disini juga berasa banget, apalagi bareng sahabat, bareng geng, atau bareng pacar, worth it banget deh.

pesisir-bantul

6. Desa Wisata Kalibiru

Buat kalian yang bertanya tanya dimana orang ini berfoto, nah itu dia di kalibiru. Tempat ini ada di kabupaten kulonprogo, di barat kota jogja, nama bukitnya bukit menoreh. Pengen cepet cepet eksis? Caw!!

Memotret Waduk Sermo

7. De Mata Trick Eye Museum

Buang pikiran bosen jauh jauh, karna di museum ini, kalian dijamin nggak akan bosen. Bagi kalian yang punya hasrat keeksisan yang besar di sosmed (apasih) disini tempat untuk menyalurkan hasrat kalian. Penasaran apa yang ada di museum ini? Ini dia :

jogja-co-museum-3-dimensiDe-Mata-Trick-Eye-Museum-Yogya

FYI, itu semua lukisan ya bukan benda 3D asli, hehe, that’s why it’s called Trick Eye Museum.

Oke, sudah selesai, tujuh tempat yang nggak boleh dilewatin kalo lagi ke jogja menurut gue. Thanks for reading this weird blog, hope to see my visitors’s rising up again, haha. Jangan lupa.. kita temenan yak, add sosmed gue, hehe.. Bye. See ya. Come again.

FILOSOFI KOPI

“Walaupun hidup tidak sempurna, 5hidup indah begini adanya” kata kata barusan adalah quote yang paling saya ingat dalam film ini, film dengan judul Filosofi Kopi yang saya tonton kemarin. Film yang dibintangi oleh Chico Jericho, Rio Dewanto, dan Jullie Estelle ini diangkat dari sebuah novel karya Dewi Lestari. Begitu mengetahui bahwa film ini diangkat dari karya Dee, saya semakin tertarik untuk menontonnya, karena sebagian besar film yang diangkat dari novel Dee terkesan bagus bagi saya, mulai dari rectoverso, perahu kertas, dsb, semuanya kena gitu. Oke mulai dari plotnya, lokasi dalam film ini yaitu Jakarta. Terdapat beberapa tokoh utama dalam film tersebut, mereka adalah Jody, Ben, dan El. Dimulai dari pengenalan tokoh yang cukup unik, film ini memiliki kesan yang berbeda bagi saya. Pengenalan tokoh dibumbui adegan yang cukup menggelitik, yang cukup lucu, sehingga sejak awal menonton film ini, saya sudah merasa terhibur dan semakin antusias untuk menontonnya. Jody (Rio Dewanto) dan Ben (Chico Jericho) merupakan dua orang yang telah bersahabat sejak kecil, mereka merintis kedai kopi yang diberi nama Filosofi Kopi, Dinamakan filosofi kopi karena dalam penyajian setiap kopi disertai filosofinya. Bisnis mereka dapat dikatakan cukup sukses sampai Jody menyadari bahwa hutang mendiang ayahnya sangat banyak jumlahnya, dan hampir saja ia menjual kedai kopi tersebut. Karena terkenal dengan rasa yang khas dan kelezatan kopi filosofi kopi, beberapa media memuat berita tentang kopi yang lezat tersebut. Tepat disaat Jody dan Ben mencari jalan keluar untuk membayar cicilan hutang ayah Jody yang begitu besar, seorang pengusaha datang memberikan tantangan kepada mereka untuk membuat kopi terlezat seantero jakarta untuk memenangkan tender, sebagai imbalannya, jika Jody dan Ben berhasil, mereka akan mendapatkan uang sejumlah seratus juta rupiah. Setelah pemikiran yang matang dan penuh pertimbangan, mereka memutuskan untuk menerima tantangan tersebut, namun pada kesepakatan selanjutnya, Ben mengambil langkah agresif yang belum mereka sepakati sebelumnya, yaitu meminta tawaran lebih tinggi, senilai satu milyar rupiah, akan tetapi dengan konsekuensi membayar sejumlah uang yang sama jika mereka gagal. Menghadapi tantangan tersebut, Ben berusaha, berjuang dan terus bereksperimen, hingga setelah 2 minggu ia berhasil membuat kopi yang sangat lezat yang diberi nama perfecto. Setelah kelahiran perfecto, kedai filosifi kopi semakin ramai dikunjungi. Hingga pada suatu saat, El (Jullie Estellle), seorang penggila kopi yang melakukan berbagai riset tentang kopi, datang ke kedai filosofi kopi untuk mewawancara sekaligus mencicipi kelezatan perfecto, namun sayang sekali, El mengatakan bahwa perfecto bukan kopi terbaik yang pernah ia minum, bukan terbaik tidak berarti tidak enak. El berkata bahwa kopi terlezat yang pernah ia minum yaitu kopi tiwus. Jody yang mendengar pernyataan tersebut dari El menjadi gusar dan khawatir tidak bisa memenangkan tantangan itu. Bagi Ben, El hanyalah seorang aneh yang datang, yang ingin menghancurkan bisnis filosifi kopi yang telah lama berdiri, namun tidak dengan Jody, kehadiran El memberikan sesuatu yang berbeda. Beberapa hari kemudian, Jody dan El memutuskan untuk pergi mencari kopi tiwus, Ben ikut setelah berbagai macam pertimbangan. Pencarian kopi tiwus berakhir pada kenangan masa lalu Ben yang tidak cukup menyenangkan. Setelah beberapa hari, mereka pulang ke Jakarta dengan membawa beberapa karung biji kopi tiwus. Ben pun menggunakan biji kopi tiwus untuk meracik kopi  yang akan dihidangkan kepada pengusaha tersebut, dan akhirnya mereka memenangkan tantangan tersebut. Film ini menarik untuk ditonton khususnya bagi mereka yang menyukai persahabatan, juga bagi mereka yang ingin tahu arti dari sebuah persahabatan dan kerja keras, selain itu film ini juga disajikan dalam bahasa yang ringan dan penuh adegan menarik dan lucu, very recommended.

Yogyakarta, a City with Cultural Diversity

kota-yogyakarta-_130822224920-808Yogyakarta is one of Indonesia’s provinces which located not far from Merapi volcano. For all this time, Yogyakarta is only known as a city of the learners, where a lot of students from many provinces in Indonesia study there, whereas Yogyakarta is not only a city of the learners, but also a city with a lot of cultural heritages that might be interesting for us to know. Therefore, this paper is written in order to describe such information about Yogyakarta with its culture diversity.

Yogyakarta has many inherited traditions and heritages. One of the causes that contribute to Yogyakarta’s inheriting tradition is the role of Keraton Yogyakarta in conserving those traditions and heritages such as traditional clothing, an old clothes and old daily ancient Javanese furniture, all those are kept well in Keraton Yogyakarta. Yogyakarta’s inherited tradition is not only in that case, but also in many other cases such as its periodic ceremonials, arts, and daily habitual traditions. According to Yogyakarta’s periodic ceremonial, Yogyakarta still keeps those old traditions, some periodic ceremonial known are Grebeg, Bekakak, Nguras Enceh, Cupu Panjala, Wiyosan Kanjeng Kyai Tunggul Wulung, and Rebo Wekasan. According to Yogyakarta’s art, Yogyakarta has various art, some of them known are traditional dances such as Golek Ayun-Ayun, Beksan Srikandi Suradewati, Arjuna Wiwaha, and Serimpi, traditional music instrumental such as Gamelan, Gendang, and Rebab, and theater shows such as Ketoprak and Wayang. According to daily habitual tradition of Yogyakarta’s citizen, the people are still keeping the good Javanese culture values such as using the Javanese language in daily communication, using polite language to speak to an older age, and respecting the others.

Yogyakarta has wonderful traditional building architectures. Many traditional buildings in Yogyakarta have wonderful construction and artistic, for examples are Keraton Yogyakarta, Joglo, and Tamansari. Fist, Keraton Yogyakarta building’s architecture can only be found in Yogyakarta. The architecture of Keraton Yogyakarta is very Indonesia, besides it is beautiful and unique, the spatial and ornaments through the building make it wonderful. Second, Joglo has a unique and wonderful design and it’s the only one in the world. Third, Tamansari also has a unique architecture which is the combination of two cultures, Javanese and Portugueses, the visitors will be surprised in the time he looks its architecture.

Yogyakarta city has special charms. Yogyakarta has charms in many sides such as its culinary, its atmosphere, its natural sceneries, and its recreational places. From culinary side, Yogyakarta has a great culinary called gudeg, gudeg is the special food of this city. From the atmosphere side, Yogyakarta’s peaceful atmosphere made the people want to visit Yogyakarta again and again, besides that, Malioboro’s night atmosphere could always attracts the people to go there even only to drink a cup of coffee at the place called angkringan. From the natural sceneries side, Yogyakarta has a lot of natural views such as Star Hill, Baron beach, Indrayanti beach, and many other. From the recreational places side, one of Yogyakarta’s recreational places called Alun-alun Kidul, has a unique vehicles called Becak-becakan. That’s all what made Yogyakarta has a special charms, and many other Yogyakarta’s charms that could not be described here.

From the passage above, we know that Yogyakarta is not only the city of the learners, but also the city with a lot of culture heritages. Yogyakarta’s success in conserving those heritages and cultures is worth to be an example for another region to conserve their own heritages and cultures, because those heritages and cultures are our identity and pride, Indonesia.

Originally written by  : Ihda Ciptaditama