PIRANHA – Hewan Paling Ganas di Dunia

piTernyata bukan Harimau, Singa, ataupun Hiu yang disebut sebagai hewan paling ganas di dunia ini, melainkan sang ikan kanibal Piranha yang meraih predikat tersebut.

Ikan Piranha sejak lahir sudah memiliki senjata dan membahayakan. bayi piranha hidup dengan memakan udang – udangan, buah dan tumbuhan2 air, tapi tidak berlangsung lama, sesudah panjangnya mencapai 1.5 inch mereka mulai memakan ikan lain yang lewat terlalu dekat. ketika bertambah besar, piranha memulai sekolah (berburu) dengan berkelompok sekitar 20 tiap kelompoknya, mereka menggunakan berbagai macam strategi untuk membunuh dan memakan mangsanya. Ups, mereka tidak membunuh dulu mangsanya melainkan langsung memakan mereka hidup – hidup (tidak heran mereka disebut paling ganas). Dan bicara tentang brutal, Ikan piranha dewasa juga diketahui memakan sendiri bayi – bayi piranha mereka.

Pada saat ikan piranha yang sedang ‘sekolah’ ini mendapatkan mangsa, mereka berpesta dengan mengoyak tubuh buruannya hidup-hidup, air sekitar mereka akan berubah menjadi merah akibat darah buruan mereka dan dalam hitungan menit buruan mereka akan habis tanpa tersisa dagingnya, saking brutalnya mereka makan, piranha tidak perduli apabila dalam proses mengoyak buruan itu yang tergigit bukan sang buruan melainkan teman mereka sendiri, sang piranha lain.

Ada sekitar 20 jenis ikan piranha yang hidup di sungai Amazon, dari kesemuanya sebenarnya hanya 5 jenis piranha yang dikategorikan sebagai ikan berbahaya, kebanyakan jenis ikan piranha adalah pendiam dan tenang. namun salah satu yang paling terkenal akibat keganasannya adalah red-bellied piranha (Piranha perut merah), Pygocentrus nattereri.

Piranha dewasa memakan nyaris apa saja dari mulai berbagai jenis ikan lain, sapi yang lemah dan sakit, bahkan sampai bagian tubuh manusia. sapi sakit yang sedang beristirahat di sungai dan mencelupkan kepalanya ke dalam sungai untuk minum tertarik ke dalam sungai karena hidung dan mulutnya dikoyak oleh piranha, dan akibatnya dalam hitungan menit, sapi tersebut sudah tak berbekas. selain itu mereka juga memakan bangau muda yang terjatuh dari pohon saat belajar terbangm juga caimans (sejenis aligator) kecil yang belum mampu melindungi diri mereka sendiri.

Piranha juga dikenal karena giginya siletnya yang sangat tajam. para penduduk asli di amerika selatan menangkap piranha dan mengambil giginya untuk membuat alat sehari – hari dan senjata. bahkan nelayan yang biasa menangkap ikan kecil brutal ini pun harus berhati – hati saat ikan sudah keluar dari air, seekor piranha yang baru ditangkap masih cukup berbahaya untuk mengoyak daging bahkan sebagian jari nelayan yang tidak berhati – hati.

Walaupun sudah terkenal ganas dan brutal, tetap saja ada sebagian orang yang memelihara ikan piranha sebagai piaraan. karena memang diakui terlepas dari kebrutalannya ikan piranha ini memang cukup gagah dan mampu menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

Advertisements

Surga Dunia Yang Terancam Akan Musnah

Akibat pemanasan global dan ulah manusia yang merusak alam, beberapa cagar alam paling indah dan menakjubkan di dunia terancam punah. Bahkan, sebagian besar mungkin tidak akan ada lagi di akhir abad ini.
Berikut adalah Keindahan 6 Surga Dunia Yang Terancam Akan Musnah :

1. Terumbu Karang Belize Barrier

karang

Salah satu terumbu karang dengan ekosistem paling kaya di dunia. Belize Barrier merupakan rumah bagi hiu paus,ikan pari, duyung, kerang, lobster dan makhluk-makhluk laut lainnya. Namun, sebuah mahakarya alam yang indah ini terancam punah. Sejak 1998, Belize Barrier yang berada di perairan Amerika Latin ini mengalami penipisan dan kehilangan 50% karang di beberapa area. Hal ini disebabkan oleh pemanasan global, polusi dari pertanian, bertambahnya wisatawan, pengembangan fasilitas pinggir pantai dan perusakan oleh kapal pesiar.

2. The Congo Basin

basin

Congo Basin adalah hutan hujan tropis terbesar kedua di dunia setelah Amazon yang berkontribusi menyumbang 40% oksigen dunia. Hutan yang terdapat di bagian barat Afrika ini juga merupakan sumber makanan, obat-obatan dan mineral. Namun, PBB melaporkan, sekitar 2/3 area hutan beserta tumbuhan dan margasatwa di dalamnya, akan musnah pada 2040, kecuali manusia melakukan tindakan perlindungan. Seluas 10 juta hektar hutan berkurang setiap tahunnya karena illegal logging, perluasan lahan pertambangan dan dibuat peternakan. Tidak hanya hutan yang terancam punah, tapi juga hewan langka seperti gorila gunung, gajah hutan, simpanse dan okapi (mamalia mirip jerapah dan zebra).

3. Laut Mati

mati

Danau yang membujur di daerah antara Israel, Otoritas Palestina dan Yordania ini merupakan area paling rendah di dunia –1.312 kaki di bawah level laut normal– mengandum garam 10 kali lebih tinggi dibandingkan air laut sehingga manusia bisa mengambang di atasnya. Laut mati juga dipercaya memiliki mineral yang bersifat menyembuhkan. Dalam empat dekade belakangan ini, Laut Mati telah menyusut hingga sepertiganya dan tenggelam sedalam 80 kaki setiap tahun. Hal ini diakibatkan pembangunan resor dan restoran di dekat area tersebut. Belum lagi perusahaan kosmetik yang mengekspliotasi besar-besaran demi mendapatkan mineral untuk produk kecantikan. Jika tidak dilestarikan, Laut Mati bisa hilang dalam 50 tahun.

4. Everglades

ever

Everglades merupakan tanah basah seluas 2,5 juta hektar yang meliputi hutan cemara, rawa-rawa, hutan bakau dan padang rumput. Everglades juga rumah bagi beragam flora dan fauna langka, yang mungkin tidak ditemukan di daerah lainnya. Seperti Macan Florida, Burung Snail Kite dan Anggrek Hantu. Tapi keindahan dan keunikan area yang berada di Florida, Amerika ini sedang dalam bahaya. Sekitar 60% area perairan di Everglades telah beralih fungsi menjadi pertanian dan perkotaan. Sebagai gambaran, luas Everglades kini hanya setengahnya, jika dibandingkan pada tahun 1900. Lebih buruknya lagi, kini hanya kurang dari 100 spesies Macan Florida di Everglades. Bukan tidak mungkin, populasi kucing hitam besar ini akan hilang dalam 40 tahun ke depan jika tidak dilestarikan.

5. Madagaskar

madagaskar

Lebih dari 80% flora dan fauna yang ada di Madagaskar, tidak bisa ditemukan di tempat lain di dunia. Ini berkat terisolasinya Madagaskar dari jamahan manusia selama jutaan tahun, karena keberadaan Indian Ocean (lautan luas di Afrika). Tapi hutan terbesar keempat di dunia ini juga berada dalam bahaya. Ekosistem hutan hancur karena penebangan dan pembakaran besar-besaran untuk membangun pertanian dan peternakan. Dari 120.000 meter persegi, kini luasnya tinggal 20.000. Jika tidak ada yang dilakukan untuk menyelamatkan hutan ini, Madagaskar bisa hilang dalam 35 tahun.

6. Pulau Maldives (Maladewa)

maladewa

Pulau ini terletak di Samudera Hindia, Srilanka. Pemandangan laut dan pantai Maldives sangat indah, laut berwarna biru jernih dan di beberapa tempat bahkan bisa dilihat dasar laut dan ikan-ikan. Akibat pemanasan global yang mencairkan es di kutub, pulau ini terancam hilang karena naiknya permukaan laut. Sekitar 1.190 pulau-pulau kecil dan atoll (pulau karang berbentuk cincin) kini berada 8 kaki di bawah permukaan laut. Pada 2008, Presiden Republik Maldives mengumumkan bahwa pemerintahannya harus mulai membeli lahan di negara lain, termasuk India, sebagai tempat tinggal baru bagi penduduknya karena ketinggian air yang semakin bertambah.

Waduh, Sindrom Putri Tidur Membuat Gadis Ini Tertidur 64 Hari!

JadiBerita: Jika Anda mengetahui dongeng tentang seorang putri raja yang tertidur selama 100 tahun sebelum akhirnya bertemu dengan pangeran impian, maka cerita yang tidak jauh berbeda juga dialami gadis remaja berusia 17 tahun bernama Nicole Delien. Sayangnya, Nicole bukan tertidur karena kutukan seorang penyihir, tetapi akibat kelainan pada sistem syarafnya sehingga ia mengalami syndrome Klein-Levin atau populer disebut sindrom putri tidur.

Nicole, Remaja yang Terkena Sindrom Putri Tidur

Nicole, Remaja yang Terkena Sindrom Putri Tidur

Remaja asal Pennysilvania, AS tersebut tertidur selama 64 hari terhitung sejak Thanksgiving sampai bulan Januari lalu. Belum diketahui apa penyebab pasti dari penyakit yang satu ini, namun sindrom putri tidur yang dialami oleh Nicole memang kasus yang sangat langka.

Menurut ibunya, Vicki Delien, Nicole tidak sepenuhnya tertidur selama 64 hari. Pada waktu-waktu tertentu seperti saat makan atau harus kekamar kecil, Nicole terbangun. Hanya saja menurut Vicki, ia tidak sepenuhnya terbangun dan lebih seperti orang yang berjalan sambil tidur.

Nicole Saat Tertidur (Sumber: Dailymail.co.uk)

Nicole Saat Tertidur (Sumber: Dailymail.co.uk)

Vicki mengaku frustasi dengan kondisi yang dialami oleh putrinya tersebut, namun dokter di rumah sakit menenangkan dengan mengatakan bahwa kondisi tersebut bisa diatasi dengan sejumlah obat-obatan. Obat tersebut membantu Nicole agar ‘episode’ tidur panjangnya bisa berkurang frekuensinya.Untuk menambah kewaspadaan terhadap sindrom tersebut, keluarga Nicole hadir dalam beberapa talkshow untuk membahas penyakitnya. Mereka berharap orang lain dapat lebih berhati-hati, karena orang yang telah terkena sindrom ini memiliki serangkaian gejala seperti disorientasi, sikap yang kekanak-kanakan sampai susah untuk berkonsentrasi.

Nicole mengatakan ia sangat terganggu dengan penyakit yang diderita karena Nicole harus melewati beberapa momen penting seperti Thanksgiving, Natal, jalan-jalan keluarga bahkan ia juga melewatkan konser penyanyi idolanya, Katy Perry. Nicole beruntung karena mendengar penyakit yang dialaminya, Katy Perry mengundangnya untuk bertemu ketika konser di Connecticut, namun Nicole tetap khawatir ketika saat itu datang, ia sedang kambuh.

5 Dive Spot Paling Indah Di Indonesia

Pasti semua udah tau dong kalau negeri tercinta kita ini punya wisata laut yang indah. Jadi ga heran kalau sekarang diving jadi kegiatan liburan terfavorit. Nah, Indonesia ternyata punya banyak banget diving spot yang bisa dicoba, kayak yang di bawah ini, nih:

Raja ampat

Raja Ampat. Raja ampat adalah salah satu surga tersembunyi yang ada di tanah air kita. Raja Ampat yang terdapat di provinsi Papua Barat ini terdiri dari 610 pulau yang tersebar dengan indahnya, dilengkapi dengan 1.511 jenis ikan, 700 jenis moluska, dan 540 jenis karang yang hidup di perairannya. Untuk para diver, Raja Ampat adalah salah satu dive spot yang paling diidam-idamkan, guys!

weh

Pulau Weh; Pulau yang berada di ujung barat laut Indonesia ini merupakan sebuah destinasi menarik untuk berlibur. Pulau ini merupakan salah satu surga diving di Indonesia yang memiliki perairan yang cantik. Pulau Weh memiliki beberapa spot cantik untuk melakukan diving. Salah satunya adalah The Canyon yang memiliki pemandangan laut paling cantik di antara spot lainnya.

waka

Wakatobi. Tau kan lagunya Budi doremi : “walau kini kau ada di wakatobi”, nah, wakatobi merupakan sebuah akronim dari beberapa nama pulau yang ada di wilayah tersebut, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Banyak banget aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini. Mulai dari hal wajib seperti snorkeling dan diving, sampai camping, fotografi, dan hal-hal menarik lainnya. Di antara sekian banyak spot, Wakatobi Marine Park menjadi salah satu favorit para penyelam. Bayangkan, menyelam ditemani dengan 590 jenisikan dan 396 jenis terumbu karang yang tersusun indah. Jangan heran jika kalian melihat ikan badut, kuda laut, bahkan barracuda berenang mengelilingi kalian di perairan Wakatobi.

komo

Pulau Komodo. Banyak orang yang mengira kalau Pulau Komodo yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini cuma pulau biasa yang dihuni oleh beberapa ekor komodo. Ternyata nggak karena pulau ini juga memiliki beberapa titik menarik untuk berwisata, termasuk untuk diving dan snorkeling seperti Laut Komodo. Pulau yang masuk sebagai finalis New Seven Wonders ini juga memiliki keindahan alam yang tidak bisa kalian temukan di pulau-pulau lainnya.

tlk

Teluk Kiluan. terdapat di Kabupaten Tanggamus, Lampung Selatan. Teluk ini terkenal sebagai tempat migrasi para lumba-lumba mulut botol, dan kalian bisa melihat lumba-lumba ini berkeliaran di Teluk Kiluan kapan saja, terutama pagi hari dengan jumlah mereka yang cukup banyak dan habitat mereka yang bergerombol. Beberapa spot diving bisa kita temui di sini, dengan banyak pilihan kedalaman menyelam juga. Karang-karang indah dan beberapa jenis biota laut lainnya akan makin banyak ditemui jika kalian menyelam di spot dengan kedalaman 20 s/d 30 meter.

Naah, bagus kan tempat-tempat diatas?! Yang suka diving, buruan kesana, yang suka diving tapi belum punya dana, cepet-cepet ngumpulin uang deh 😀 . Satu lagi, kelestarian alam tetap harus dinomorsatukan, maka jaga alam kita supaya tetap asri oke, salam hangat 🙂 .