4 Ridiculous Rules In My Past Daily Life

ridiOke, kali ini, gua mau ngebahas lagi sesuatu yang mungkin buat kalian nggak penting, tapi bagi gue, it’s worth enough to discuss, to make the people realize kenapa dan buat apa mereka nurutin aturan. Semua ini tentang beberapa peraturan yang sampai sekarang masih jadi misteri dan nggak masuk akal versi gue.

Well, kalian bener, gue tipikal orang yang nggak suka aturan, I admit it. As we know, everything happens for a reason. Gue kutip lagi dari sepupu gue yang geblek (lagi), beberapa minggu lalu status bbmnya yang bikin gue sejenak termenung, dan gue setuju, gue sepemikiran. Aturan nggak bisa exist selamanya tanpa adanya kejelasan, karna ketidak jelasan Cuma buat orang melanggar aturan tersebut karna penasaran, bener ga? Anggep aja bener. Kita idup di dunia dimana peraturan diberlakukan tanpa diberi alasannya, Cuma dibilang : nanti kalo udah gede juga ngerti, so apa artinya gue belum gede sampe sekarang? Gede loh, iya gede, haha.

topiOke first, ini sebenernya dari sepupu gue sih, tapi gue setuju. Pakai topi buat anak sd, smp, sma, dan sederajat (halah) pas upacara hari senin. Kenapa dengan tidak pakainya topi, seorang anak dihukum, kalau ditanya kenapa harus pakai topi waktu upacara, jawabannya biar seragam, emang dari dulu aturannya udah begitu, nah pertanyaannya : dulunya itu kapan? Lebaran gajah? Kalaupun alesannya gara gara supaya nggak kepanasan, lah bukannya si anak dikasih minum karna kepanasan atau dikasih magical treatment kek disepmrot potion kek kalo yang KO dikasih revive sekalian (ini apa coba), eh malah dihukum, kurang sadis apa? Jadi apakah sebenarnya alasan dibalik aturan memakai topi di sekolah? Masih jadi misteri buat gue.

manSecond, berhubung dulu gue sekolah di pesantren, ada beberapa peraturan yang sebenernya senior yang nyiptain sih (exclude me) yang sumpah peraturan itu ngga masuk akal. Oke kronologinya dulu : Di pesantren itu sama kaya di sekolah sekolah umum, ada sejenis OSIS, Cuma agak sedikit lebih berkuasa lah, sampe yang gue rasa gue takut bukan sama aturan, tapi sama pengurusnya! it’s horrible, thats why being a friendly pengurus is really needed, just like what I’ve done (kata adek kelas sih gue asik ngga ngusik). Oke, peraturan kedua yang nggak masuk akal adalah : ONLY FOR MANAGER, iya, khusus buat pengurus, apa coba? KAMAR MANDI alias WC alias JAMBAN! Coba lo bayangin pas lo lagi kebelet boker dan semua kamar mandi penuh kecuali kamar mandi for manager itu, nahloh. Entah apa tujuannya dibuat such this silly rule. Gue mikir barangkali pengurus naro brangkas disitu isinya emas batangan, ternyata pas gua jadi pengurus masuk kesana gak ada apa apa, atau mungkin WC only for manager itu pintu kemana saja nya doraemon, juga bukan, yah itu sampe sekarang masih jadi misteri buat gue.

norThird, masih dari pesantren, misteri peraturan selanjutnya adalah : NGGAK BOLEH LEWAT DAPUR! Nah, ini. Okelah pas lagi tabkir (pengurus lagi ngehitungin anggota biar gece, kalo ga ngerti pokoknya gitu dah, bayangin aja) ga boleh lewat dapur, biar ngga ada yang kabur kaburan dan ngehargai pengurus yang lagi tugas jadi anak anak lewat di depan dia semua dalam satu jalur, nah kalo lagi jam jam santai? WHYYYY???? Anak anak gaboleh lewat dapur?? Why???? Seakan jalan dapur itu sakral banget, atau sarang hantu yang gaboleh dilewatin, atau yang lewat gerbang dapur langsung kesengat pikachu atau apalah, WHY?? Masih jadi misteri buat gue.

Forth, yang masih menjadi misteri adalah, tolak ukur celana yang diperbolehkan waktu gue nyantri dulu adalah : lubang kakinya (taukan maksud gue, yang deket mata kaki) bisa dimasukin botol aqua! (jadi kaki sama botol aqua bisa masuk dua duanya) WHY botol aqua? Kalo beda merek terus botolnya ga masuk gimana???? Kalo gue liat liat nih, yang nggak muat dimasukin botolpun masih enak enak aja diliat, nggak risih juga, masih nyaman juga, tapi kalo kesempitan macem celana pensil gitu yang ketat banget gue juga kurang suka soalnya pas kebelet boker susah bukanya. Jadi kenapa harus dimasukin botol aqua pas razia?? WHY?? Kenapa nggak galon sekalian?? Eh.

You know? Semua peraturan itu gue jalanin tanpa tau kenapa alesannya, walhasil Cuma bisa bertanya tanya sambil dumel dalem hati tapi nerima (cupu sih iya, udahlaa), jadi, kalo kalian punya adik, atau punya anak kelak, all you have to do is sebisa mungkin lo kasih alesan di setiap aturan yang lo buat, harus masuk akal, jangan sekali kali keluarin kata kata nanti gede juga ngerti, atau udah dari dulu aturannya gitu, sekreatif mungkin lah kalian buat alesannya, bukan apa apa, biar si bocah ga jadi arwah penasaran! *lah.

Oke, the forth itu yang terakhir, tapi bukan berarti semua tanda tanya gue berakhir, mungkin masih ada peraturan peraturan diluar sana yang aneh dan nggak masuk akal, so, share with me, thanks for reading this weird post (again), bye, and see ya.

Advertisements

Sore gue dan teori Sandi Astina

Ingatan, sebuah senjata yang dapat menghunus pemiliknya kapan saja. Betapa kejamnya ingatan, muncul kapan dan dimana saja, bahkan saat pemiliknya tak ingin mengingatnya sekalipun. Kenapa manusia nggak bisa mengingat hal hal yang layak untuk diingat saja, kenangan manis misalnya. Kenapa kenangan buruk harus tetap ada dalam ingatan manusia, itu yang menjadi pertanyaan besar, sebuah ketidak adilan menurut gue. Ingatan bisa membuat pemiliknya tak berkutik, stagnan, trauma, bahkan gangguan jiwa. Kenapa hidup bekerja seperti itu, kalau tidak menginjak ya diinjak, kalau tidak menindas ya ditindas, kalau tidak meninggalkan ya ditinggalkan. I’m supposed to trust no one, but however gue butuh orang lain yang bisa mendengar, mendengar gue, gue entah dari kapan masih aja ragu soal pertemanan, adakah orang di dunia ini yang benar benar berteman? Atau malah terpaksa berteman? Akankah berteman kalau nggak ada kepentingan? Akankah berteman bila tidak menyenangkan? Akankah berteman kalau tidak saling menguntungkan. Kesepian memang mengerikan, nggak terkecuali buat gue, tapi menganggap seseorang – teman sedangkan ia ga punya sedikitpun simpati pada gue, itu lebih mengerikan. People come and go, kenapa disaat saat gue lagi butuhnya malah ditinggal, kenapa disaat gue lagi rendah malah diinjak, kalo mau go ya go aja lah but keep off my self, ngga perlu nginjak orang lain. This is madness, ya ini emang gila. Seorang teman gue (lagi lagi temen) nggak, sepupu gue, dia punya teori yang menurut gue itu …. PAS banget. Orang itu ada empat macem. Pertama, dia yang punya faktor X dan diakui, golongan ini biasanya orang yang berkuasa, orang kaya, orang pintar, pokoknya kelas mereka ada di paling atas. Kedua, dia yang punya faktor X yang tidak diakui orang lain, orang gini biasanya dia yang punya kelebihan, tapi dia belum menunjukkan ke orang lain. Ketiga, dia yang ngga punya faktor X tapi diakui orang lain, biasanya orang ini supel, ramah, dan pengertian, jadi banyak orang yang seneng sama dia. Keempat, ini yang paling menyedihkan, nggak punya faktor X dan nggak diakui, duh!.  Orang pertama biasa diiriin sama orang kedua, ketiga dan keempat, dan seterusnya. Yang jadi masalah disini adalah, Dengan licik dan menjijikannya terkadang orang pertama nggak segan menginjak bawahnya supaya posisi dan eksistensinya nggak terkalahkan. Karena tipe orang beda beda, makannya reaksi yang timbul juga beda beda, ada yang semangat buat menggulingkan eksistensi si orang pertama, ada yang merasa puas aja dengan hidupnya, ada juga yang malah ngerasa makin rendah. Nah posisi gue disini, jadi pengen nginjek balik si penginjak itu, atau nggak nyelipin duri di badan gue seenggaknya dia terluka saat nginjek gue, but how, gue nanya sama kalian semua. Ada solusi kasih tau gue ya, for this revenge planning’s successfull. Oke sip! Budayakan tidak lemah dan menyerang balik! Cheer up.

Kata Hati

2 tahun, 8 bulan, 22 hari. Tak sedikitpun penyesalan itu berkurang. Dua tahun terakhir, masa masa yang sulit untukku. Sulit menafikan segala bayang dan penyesalan akan apa yang telah kuputuskan dan kuperbuat padamu. Raga memang terpisah jarak, waktu, dan kenyataan, namun entah, hati ini tetap tertambat pada satu tambatan yang sedikitpun tak berubah.

Hai kamu, apa kabar hari dan hati? Semoga iman tetap menanjak maju didalamnya. Pagi, merupakan awal yang baik untuk mengawali hari, karena didalamnya, terdapat harapan harapan baru, semangat baru serta target target baru. Kata-kata yang selalu kuingat, tak pernah sedikitpun terlupa. Taukah, tak sedikitpun ia pernah beranjak pergi.

Embun di pagi buta, sejuknya udara pagi yang memasuki jendela kamar kerap kali mengingatkanku akan doaku pada tuhan kali itu; semoga dirimu yang menjadi kamu-ku.

Hujan yang menusuk tubuh seringkali berucap, seakan ingin mengutarakan suatu pesan, seringpula menampar wajah ini, fikiran ini, dengan berbagai kenangan, lukisan, untaian kata, puisi, nyanyian, senandung disaat tiap bulirnya jatuh didepan mata dimasa lalu.

Semoga semakin dewasa, semakin bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, semoga kamu mendapat tempat dihati orang orang yang menyayangimu, turut serta atas bahagia dan sedihmu. Doaku untukmu, jika ia tak kasat mata, pilinan warna warninya akan memenuhi langit dunia, menunggu tangan yang Maha Kuasa untuk turut andil mewujudkannya. Kado terindah, My sweetest sweet seventeen.

Meskipun semua yang berisi kenangan menghilang entah kemana, semua kenangan tentangmu, selalu terpatri di relung jiwa. Aku merasa jahat. Jahat karena tak bisa melepasmu begitu saja, jahat karena terkadang hadir sebagai ilusi dalam kehidupanmu.

Neptunus, haruskah aku kembali melapor? Ingatkah laporan terakhirku dulu? Di pantai lepas itu.

Apalah ini engkau menyebutnya, aku hanya ingin membiarkan hati ini bicara, setelah sekian lama termenung lelah membungkam.

4 Hal yang wajib dilakukan setelah install ulang windows PC

tune-up1Hey oprekers! Salam hangat dari gue, sehangat titik lembek aspal dan ter (lah). Oke kali ini gue mau bahas 4 hal yang perlu kalian lakukan saat habis install ulang, atau upgrade OS PC kalian. Personal computer di era modern ini merupakan sesuatu yang nggak bisa dipisahin dari kegiatan manusia, soalnya banyak pekerjaan manusia yang terbantu karena adanya si komputer ini, misalnya accounting, olah data, ngetik, browsing, dll. Namun yang sering terjadi adalah, si pengguna teledor dalam menggunakan pc nya sehingga terjadi error sana sini, mulai dari hardware, software, dan kemungkinan brainware kalo si operator jadi gila (ini ngga penting sumpah). Nah, khusus disini, error yang terjadi adalah pada bagian software, sehingga si pengguna merasa PC nya melemot (ini bahasa apa ya), file filenya hilang tiba tiba, file file jadi shortcut semua, aplikasi aplikasi aneh tiba tiba muncul di desktop, atau bahkan sampai blue screen. Buat kalian yang mengalami masalah kayak gini dan inisiatif buat install ulang sendiri, yang perlu kalian lakukan Cuma siapin installer windows nya (untuk windows PC, biasanya ini yang sering banget kena serangan fajar, baca: virus), terus install ulang, buat langkah langkah install ulang, nanti insyaAllah gue post di lain kesempatan. Oke, so after reinstalling your PC, is it ready to use immidiately? Unfortunately no, menurut gue. Kenapa? Ya emang kalo habis di install ulang bisa langsung dipake, tapi kemungkinan ada beberapa persoalan minor yang cukup mengganggu buat gue, misalnya ngga PC bisa di sleep, brightness ga berfungsi, audio ga bisa, flashdisk ga kedetek, bluetoooth mati, dan sebagainya. So oprekers, here are 4 things to do after reinstalling your pc, wish these can help you guys, check them out :

1. Install Drivers

DriverPack_Solution_logo.pngBuat kamu para oprekers PC, tau kan apa itu driver?? Buat yang belum tau, persoalan diatas ex:flashdisk ga  kebaca, cardreader mati, bluetooth ilang dsb, kalian jangan panik dulu, kalian bisa mengatasi itu semua dengan menginstall si driver ini. Jadi gini, driver itu ibaratnya supir, dan hardware itu ibaratnya mobil, nah apa bisa mobil (ambil contoh jangan mobil yang ada autopilotnya) jalan sendiri tanpa ada supir? Nah so does hardware! Hardware nggak akan bisa bekerja kalau drivernya nggak terpasang. Sebenernya untuk OS windows, windows udah memfasilitasi install driver otomatis itu, tinggal konekin PC ke internet, terus ditunggu sampai batas waktu yang ngga gue ketahui (tiba tiba keinstall sendiri soalnya), tapi butuh waktu LAMA, nah buat yang bosenan nunggu, kalian bisa dapet driver itu dari CD yang kalian dapet waktu beli PC itu (kalau berupa laptop, kalau PC rakitan kurang tau), atau pake bantuan software yang bisa didownload disini untuk versi online dan disini untuk versi offline. Driver pack solution ini otomatis mendeteksi hardware pc kalian, so kalian ngga perlu cari tau spek hardware pc kalian apa, mudah kan??

2. Install Antivirus

antivirBuat kalian yang ngeluh file hilang tiba tiba, jadi shortcut, banyak aplikasi aneh bermunculan, itu semua kemungkinan karna PC kalian terinfeksi virus. Kalo PC ada yang namanya antivirus. Ini kudu dan wajib diinstall, walaupun sebenernya windows udah sediain antivirus bawaannya berupa windows defender, tapi AFAIK seringkali antivirus bawaan ini melewatkan beberapa virus kecil, so, untuk antisipasi, kalian install antivirus tambahan utk PC kalian. Setelah install antivirus lain, windows defender otomatis disable kok jadi ngga perlu khawatir PC kalian lemot karena ada 2 antivirus dalam satu PC, tapi, sebaiknya jangan menginstall lebih dari 1 antivirus tambahan, karena akan memperlambat kinerja PC kalian. Sejauh ini, gue mempercayakan proteksi PC gue sama AVG antivirus (ini bukan promosi, I swear it), yang bisa kalian download di web resminya disini, atau yang included sama serial numbernya juga ada (cracked) misalnya disini. Biasanya fitur auto update udah otomatis aktif waktu kalian install antivirusnya, so ngga perlu repot update manual, kalaupun belum aktif, bisa kalian aktifkan. Give your PC the highest safety.

3. Install Software Pokok

android-app-on-windowsIni yang menurut gue nggak kalah penting, tujuan kalian punya PC ya disini, yang membantu kinerja kalian semuanya dari sini, software software tambahan (aka. Aplikasi), misalnya MS. Word, Photoshop, Coreldraw, dll. Perlu ditekankan mungkin, untuk menginstall software SEPERLUNYA AJA, nggak perlu instal berbagai macam software yang ujung ujungnya nggak terpakai dan Cuma memberatkan kinerja PC kalian, so, be selective users dear oprekers. Oke disini, beberapa rekomendasi software yang perlu ada di pc kalian.

  1. Office, fungsinya untuk mengerjakan pekerjaan kantoran kaya ngetik, input data, buat design, kirim kirim surel, dll.
  2. Mozilla Firefox, ini pasti nggak asing lagi kan, ya, benar, kecuali kalian betah pakai internet explorer / microsoft edge, hehe.
  3. CCleaner, ini buat menghapus junk file at once, termasuk data data browsing kalian juga cache cache browser, efektif!
  4. Adobe Flash Player, ini biar PC kalian bisa menampilkan objek flash.
  5. Adobe Reader, ini buat buka file pdf, soalnya di windows 10, aplikasi reader dihilangkan dari aplikasi bawaan windows (duh).

Dan bagi kalian pengguna perangkat iOS, bisa juga menginstall iTunes sebagai terminal sync perangkat kalian. Untuk link downloadnya, bisa kalian search di google, bejibun kok, hehe. Untuk software pendukung lain, bisa dikondisikan sesuai kebutuhan.

4. Pastikan semua yang diatas tadi bekerja dengan baik

Maksudnya? Maksudnya gini, update driver berkala, misal 2 bulan sekali dicek updatesnya, update software software secara berkala, update antivirus setiap hari kalo bisa connect internet (soalnya hampir mustahil di 2016 pc ngga pernah connect internet). Dan satu lagi, jangan ngebet install software sana sini kalau belum tau betul seluk belum pensoftware-an (sumpah bahasa ini weird banget) kalo nggak mau PC kalian malah kemasukan malware, spyware dan teman temannya, lebih baik tanya kawan kalian yang lebih ngerti, dan kalau kena virus, jangan panik, gunakan fitur scan antivirus kalian.

So, those all 4 things to do after reinstalling your PC, hope this helpful, dateng lagi, jangan bosen bosen datang ke blog gue ini, and, let’s be friend, add sosmed gue yak, hihi. Ok see ya!

7 Tempat Wisata Terbaik Di Jogja

travellers-have-great-stories-to-tellHello! Kalian para travellers, atau yang lagi liburan ke jogja, yuk mari boleh dibaca nih, 7 tempat yang nggak boleh kalian lewatin gitu aja kalo mampir ke jogja versi gue, soalnya kalo kelewatan, nyesel dunia akherat ntar (sumpah yang ini lebay). Yogyakarta, kota yang selalu jadi inceran para wisatawan lokal maupun mancanegara, selain karena budayanya yang terawat, tempat tempat bersejarah dan alamnya yang super indah juga jadi salah satu daya tarik buat mereka lho. Waktu itu gue nanya ke salah satu bule yang seliweran di malioboro sampe keraton itu, gue tanya mereka ngapain ke indonesia khususnya jogja, agak lama sih jawabnya (soalnya dia lagi makan nasgor disamping gue, ini diabaikan aja gapapa), dia bilang dia lagi ngerjain semacam riset tugas kuliah gitu (kalo gue sih mau banget dikasih tugas research di LN), itu salah satu bukti menurut gue, kenapa Indonesia… ya… bisa dibilang cukup waw sih, that’s why I’m proud of being anak negri ini, haha. Oke balik ke topik, 7 tempat yang nggak boleh lo lewatin kalo mampir ke jogja, check them out :

1. Keraton Yogyakarta

Buat kalian para pecinta sejarah, dan buat kalian yang hobi foto foto (atau gabungan dari keduanya), keraton jogja bakal jadi tempat yang cukup menarik buat kalian kunjungi. Kenapa? Soalnya di keraton jogja ini, kalian bisa lihat dan tau sejarah kesultanan Jogja, mulai dari sultan pertama sampe yang ke berapa sekarang ini gue juga lupa.. itu Satu, buat kalian yang suka sejarah. Dua, disana banyak barang barang antik peninggalan para pendahulu (yang jelas di daerah jogja), disana juga banyak bule mondar mandir, ada yang pake guide ada yang nggak, kalo iseng mau pura pura jadi guide juga boleh kan (eh), so, buat kalian yang hobi foto foto, tempat ini bakal jadi tempat yang cukup menarik buat berfoto ria, foto bareng abdi dalem atau sultan kalo pengen dan kalo bisa (eh). Oh iya guys keraton ini jam buka nya Cuma sampe jam 14.00 WIB, jadi jangan terlalu sore datengnya, ntar tutup malah sedih. Ini dia keraton Yogyakarta!

imageskeraton-yogyakarta

2. Jalan Malioboro

Dear travellers, siapa sih yang nggak tau atau nggak pernah denger nama jalan ini? (kecuali mungkin turis LN sama onta arab yang ga tau). Jalan malioboro nggak boleh kalian lewatin ya kalo mampir ke jogja. Mungkin sebagian dari kalian ada yang masih remang-remang (dikira lampu bohlam) tentang apa yang ada di jalan malioboro ini, atau ngapain ke jalan malioboro nggak ke jalan yang lain aja? Oke, jadi gini, awalnya juga gue nggak terlalu tau juga sama apa yang ada di jalan malioboro, setelah ngrantau kesini aja gue baru tau. Malioboro itu semacem jalan yang penuh penjual souvenir, oleh oleh, batik, dll, kalo di tempat gue di serang banten, itu semacem ‘royal’nya jogja, got it? Got got in ajalah. Pesona jalan malioboro bakal terasa banget kalo udah masuk waktu sore menjelang magrib, kehidupan dimulai, haha. Harga disini juga bersahabat kok guys, jadi tenang, buat kalian yang pengen bawa oleh oleh segunung tanpa modal sekarung, kalian bisa cari oleh oleh disini, satu tips juga : pinter nawar biar makin murah lagi.. happy shopping.

141222_img3462

3. Titik Nol Kilometer

Please jangan bertanya tanya dulu kenapa kita harus nongkrong di jalan raya di titik nol kilometer. Karna ini bukan semacem jalan biasa, tapi semacem ini nih :

nolkilometerjogja

Nah gimana? Asik kan keliatannya (aslinya juga asyik). Oh iya, hal hal semacem ini Cuma bisa didapetin dari sore sampe malem, siang ga ada, jangan dateng siang siang, ntar sedih (lagi).

4. Bukit Bintang

Nah kalo ini, letaknya agak jauh dari kota Jogja, ada di selatan kota jogja, ke arah kabupaten gunung kidul. Buat kalian yang travelling sama pacar, sama gebetan, atau istri/suami, kalian bisa menciptakan momen romantis kalian disini :

tempat-wisata-di-Jogja-bukit-bintang

Keren kan melihat indahnya kota jogja dari sini?? Oh iya kalau mau kesini sebaiknya jangan pas musim penghujan, karna bakal percuma kalo bad weather. Selamat beromantis ria (apasih).

5. Pantai Selatan

Buat pantai selatan ini, gue nggak terlalu maksain yang recommended yang mana sih, yang pasti semuanya menurut gue indah, beberapa pernah gue kunjungi. Ada beberapa pantai disana, misalnya pantai Drini, Parangtritis, Depok, Indrayanti, Baron, dkk, semua indah buat dikunjungi. Tapi jangan nekat ke tengah tengah ya guys, tau sendiri kan ombak pantai selatan kayak apa, kalo hanyut kebawa ombak gimana, mending kalo diadopsi ratu kidul (loh). Oh iya, camping disini juga berasa banget, apalagi bareng sahabat, bareng geng, atau bareng pacar, worth it banget deh.

pesisir-bantul

6. Desa Wisata Kalibiru

Buat kalian yang bertanya tanya dimana orang ini berfoto, nah itu dia di kalibiru. Tempat ini ada di kabupaten kulonprogo, di barat kota jogja, nama bukitnya bukit menoreh. Pengen cepet cepet eksis? Caw!!

Memotret Waduk Sermo

7. De Mata Trick Eye Museum

Buang pikiran bosen jauh jauh, karna di museum ini, kalian dijamin nggak akan bosen. Bagi kalian yang punya hasrat keeksisan yang besar di sosmed (apasih) disini tempat untuk menyalurkan hasrat kalian. Penasaran apa yang ada di museum ini? Ini dia :

jogja-co-museum-3-dimensiDe-Mata-Trick-Eye-Museum-Yogya

FYI, itu semua lukisan ya bukan benda 3D asli, hehe, that’s why it’s called Trick Eye Museum.

Oke, sudah selesai, tujuh tempat yang nggak boleh dilewatin kalo lagi ke jogja menurut gue. Thanks for reading this weird blog, hope to see my visitors’s rising up again, haha. Jangan lupa.. kita temenan yak, add sosmed gue, hehe.. Bye. See ya. Come again.

Dear friends, listen.

Terlalu banyak hal yang tak kumengerti di dunia ini, termasuk diriku sendiri.

Hai kawan, ingatkah kau akan kenangan masa lalu? Ingatkah kau akan waktu disaat kita menyusun mimpi mimpi kita bersama? Ingatkah kau akan kebersamaan yang seakan kita ingin waktu terhenti saat melewatinya? Udara dan jarak, dua hal yang menjadi dinding kokoh yang memisahkan kita. Aku ingat bagaimana kuatnya aku saat kalian ada di sisi, aku ingat bagaimana beraninya aku menantang dunia, aku ingat semua momen disaat aku tak pernah merasa takut, bersama kalian, aku berani untuk banyak bermimpi. Bersama, kita merangkai mimpi dan bersama kita berusaha untuk mewujudkannya, bukankah begitu? Seharusnya.

Kawan, aku rindu akan kebersamaan kita. Kawan, izinkan aku sejenak bercerita : tahukah kawan? perlahan aku mulai ragu pada mimpi mimpiku, bagaimana denganmu dan mimpi mimpimu?

Aku termakan oleh ilusi dan bayang bayang akan kegagalan serta keputusasaan dalam menghadapinya.
Setiap detik saat kumemikirkannya bagaikan ribuan pedang menghujam tubuh tak berdaya ini. Setiap waktu dihantui bayang bayang itu.. Sungguh.. Sakit. Bagaimana ku harus melawannya, kawan? Atau mungkin aku hanya butuh dekapan dan tepukan tanganmu pada pundakku? Seperti dulu, setiap saat ku terpuruk rapuh.

Kini aku takut untuk bermimpi kawan. Aku takut akan kegagalan yang mungkin terjadi, walaupun sudah ku mencoba dan berusaha. Ketika mereka bilang usaha berbanding lurus dengan hasil, awalnya aku percaya, hingga waktu itu tiba, ia, segala yang kulakukan yang menurutku itu adalah sebuah usaha, mengkhianatiku, terutama sejak saat itu, dimana perlahan mimpi mimpi itu mulai sirna satu demi satu, sampai habis dimakan waktu.

Kawan, aku hampir memvonis diriku sakit dan kelelahan, lelah bermimpi, dapatkah kau wmengobati ini? Tunjukkan aku cara untuk kembali menghidupkan mimpi mimpi, cita cita. Ajari aku untuk kembali merangkai mimpi, aku hampir lupa bagaimana untuk memulainya, semuanya terlalu… Kelabu.

Tahukah kawan, saat ini, detik ini, hanya itulah… Hanya itulah yang aku inginkan…
Kawan… Aku sangat sangat mengharapkanmu saat ini.

Dear all my dearest friends.. Big hug for you.

Untuk Sahabat

Sahabatku, usai tawa ini, izinkan aku bercerita:

Telah jauh ku mendaki, sesak udara diatas puncak khayalan, jangan sampai kau disana

Telah jauh ku terjatuh, pedihnya luka di dasar jurang kecewa, dan kini sampailah aku disini

Yang cuma ingin diam, duduk ditempatku, menanti seorang yang biasa saja

Segelas air di tangannya kala ku terbaring sakit

Yang sudi dekat mendekap tanganku, mencari teduhnya dalam mataku, dan berbisik : Tatap aku, kau tak sendiri oh dewaku.

Demi Tuhan, hanya itulah yang kuinginkan